Gaza – Infopalestina: Gerakan Hamas mengecam keras gugurnya mujahid mereka Yusuf Hamdan Abu Zuhri, 38, saudara kandung Sami Abu Zuhri jubir Hamas bersama pengawal pribadinya setelah ditahan di salah satu penjara Mesir dan mengalami siksaan fisik. Akibatnya, korban mengalami pendarahan selama dua pekan dan akhirnya menghempuskan nafas terakhir di dalam penjara.

Dalam salinan pernyataan resminya yang diterima oleh Infopalestina kemarin Selasa (13/10), Hamas mengatakan, “Kami menyampaikan takziyah dan duka mendalam kepada warga Palestina saudara Yusuf Hamdan Abu Zuhri dan memohon kepada Allah agar keluarganya diberikan kesabaran dan ketegaran serta diberikan rahmat kepada sang syahid, juga kepada saudara kami Dr. Sami Abu Zuhri kami sampaikan takziyah dan duka bersama,”

Gerakan Hamas menilai, pembunuhan akibat siksaan terhadap korban syahid Yusuf Abu Zuhri merupakan kejadian berbahaya yang memerlukan penyikapan serius dan harus ada tanggunjawab. Hamas meminta kepada pejabat-pejabat Mesir melakukan penyelidikan untuk mengungkap kasus ini dan memberikan hukuman kepada pelakunya.

Hamas menyerukan kepada elit Mesir untuk segera membebaskan tahanan-tahanan politik, terutama komandan Aiman Naufal sebelum mereka meninggal dunia di penjara akibat siksaan serupa. “Apalagi sangat mengkawatirkan nasib dan nyawa tahanan Palestina di penjara-penjara Mesir”, imbuh Hamas.

Dalam pernyataan penutupnya, gerakan Hamas meminta kepada lembaga-lembaga HAM Mesir dan Arab bertanggungjawab penuh dan mengungkap skandal kejahatan ini serta mengambil sikap tegas dengan menyeret pelakunya ke pengadilan. (bn-bsyr)

Posted by halawatul iman Wednesday, October 14, 2009

0 comments

Post a Comment